Food & Travel

Mengukir Kenangan di Bandung yang Selalu Membawa Cerita Bagi Siapa Saja yang Berkunjung ke Sana

“Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.” –Pidi Baiq

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan kalimat yang ditulis Pidi Baiq di atas. Kalimat tersebut tertulis dan terpampang di sekitaran daerah Asia Afrika di pusat kota Bandung. Ketika kamu mengunjungi Bandung dan membaca kalimat ini, pastinya kamu tersenyum. Mengiyakan.

Begitu banyak tempat di Bandung yang pastinya membawa banyak kenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Kali ini, saya ingin mengajakmu berkelana dan menjelajah ke sudut-sudut kota Bandung. Mengitip dan merasakan tempat-tempat tersembunyi di Bandung yang tak biasa. Karena menyambangi kafe, tempat kekinian, butik, dan factory outlet di Bandung sudah terlalu biasa, bukan?

Napak Tilas dan Mengukir Kenangan di Bandung Tempo Dulu

kota bandung tempo dulu
Napak tilas dan mengukir kenangan di Bandung tempo dulu (photo credit: pinterest)

Pernahkah kamu mencoba untuk menjelajah kota Bandung yang tak biasa dikunjungi oleh turis? Kamu bisa mencoba datang ke daerah Jalan ABC Bandung dan sekitarnya. Daerah ini merupakan salah satu pusat toko elektronik, kacamata, jam tangan bekas maupun baru.

Di sekitaran daerah ini, kamu bisa menjelajah riuhnya kota Bandung. Di sini, banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan jajanan khas Bandung, seperti mi kocok, ketan bakar, pisang cokelat keju, dan lain-lain.

Selain itu, di daerah ini terdapat dua tempat kopi terkenal, Kopi Aroma dan Warung Kopi Purnama. Kedua tempat ini adalah tempat yang sangat legendaris dan sudah terkenal di dalam dan luar negeri. Kopi Aroma merupakan toko dan juga pabrik kopi yang sangat dicari karena rasa khas dan alami dari kopi yang diproduksinya.

Jangan heran jika kamu akan melihat antrean yang mengular jika datang ke tempat ini. Tak jauh dari Kopi Aroma, kamu bisa mampir ke Warung Kopi Purnama yang sudah berdiri sejak 1923. Warung Kopi Purnama tak pernah sepi pengunjung. Selain kopi, roti selai srikaya merupakan makanan yang sangat laris dan dicari para pengunjung.

Khawatir nggak bisa dapat foto kekinian? Jangan khawatir! Justru di sini kamu bisa dapatkan foto yang berbeda dan artistik, suasana foto ala Bandung tempo dulu.

Makan di Kafe sudah biasa! Mari Coba Makanan Khas Rumahan Bandung!

jangan lupa mengukir kenangan di bandung - kuliner
Jangan lupa mengukir kenangan di Bandung via kuliner khasnya (photo credit: pergidulu)

Ada banyak sekali kafe yang ada di Bandung. Rata-rata, kafe-kafe ini menyajikan makanan dan juga suasana yang instragamable dan kekinian. Nggak ada salahnya sih untuk mencobanya. Tapi, kafe-kafe kekinian juga pastinya banyak ada di kotamu saat ini, kan?

Mau coba kuliner yang berbeda? Kamu bisa datangi tempat-tempat yang menyajikan hidangan sunda dan rumahan. Misalnya, Imah Babaturan, Nasi Bancakan, Sindang Reret, dan lain-lain.

Kuliner Bandung yang buanyak banget

Bagi Kamu Pecinta Buku dan Karya Seni, Kamu Bisa Mengunjungi Kineruku untuk Mendapatkan Karya Sastra, Musik, dan Seni yang Langka

Buat book lover, mengukir kenangan di Bandung harus banget ke sini, Kineruku (photo credit: satyawinnie)

Kineruku berada di daerah Hegarmanah, Bandung. Tempat ini merupakan toko buku dan barang-barang seni yang lumayan langka saat ini. Misalnya, kaset, CD, dan barang-barang seni lainnya.

Selain itu, tempat ini juga meminjamkan koleksi buku langkanya pada pengunjungnya. Kamu bisa meminjam dan membawanya pulang atau membacanya di tempat. Suasana tenang, homey, dan jauh dari hiruk-pikuk kota Bandung akan menemanimu menyelesaikan buku favoritmu.

Jangan lupa untuk memesan hidangan ala rumahan yang ada di sini. Jika kamu beruntung, kamu bisa menghadiri acara komunitas yang cukup sering diadakan di sini. Misalnya, diskusi buku, live music, dan lain-lain yang diadakan di halaman belakang Kineruku yang asri.

Ngopi di Kafe Kekinian itu terlalu mainstream! Cobalah untuk Ngopi di Hutan Pinus sambil Menyesapi Kesunyian!

ngopi di kopi armor bandung kafe di hutan pinus
Mengukir kenangan di Bandung dengan ngopi di tengah hutan pinus yuk (photo credit: blackxperience)

Nah, kamu pasti sudah biasa kan ngopi di kafe-kafe kekinian? Sudahkah kamu mencoba ngopi di hutan pinus dengan suasana alam yang menemanimu?

Jika belum, kamu wajib mencoba datang ke daerah Dago Pakar dan menyambangi Kopi Armor, sebuah kedai kopi yang ada di hutan pinus. Selain Kopi Armor, kamu juga bisa mendapati beberapa tempat asyik buat kamu kunjungi di sekitarannya.

Pergilah ke Selatan Bandung dan Camping di Alam

Penat dengan suasana ramainya perkotaan? Kamu bisa mengasingkan diri dan camping di daerah selatan Bandung, Ranca Upas. Di sekitaran Ranca Upas, kamu akan dengan lebih mudah menemukan tempat yang enak untuk camping.

Buat kamu yang belum terbiasa camping, tenang saja. Banyak penyewaan tenda, tukang penjual kayu bakar, jagung, dan makanan lain yang bisa menyelamatkanmu selama melakukan camping. Bersiaplah untuk menikmati indahnya alam Bandung!

Ngeriung dengan Warga Bandung di Acara-acara Komunitas yang Ada

Tak lengkap rasanya jika ke Bandung dan tidak menikmati musik di sana. Bandung terkenal dengan warganya yang punya jiwa seni yang tinggi. Kamu akan dengan mudahnya menemukan musisi yang menyanyikan lagu atau memainkan alat musik dengan baik. Cobalah untuk ngeriung di acara-acara komunitas seni yang banyak rutin diadakan setiap seminggu sekali.

Memilih Penginapan yang Nyaman dengan Harga yang Terjangkau Membuat Kenangan di Bandung jadi Makin Berarti

Selain tujuan travelling yang menarik, tempatmu menginap juga jadi bahan pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik. Pastinya nggak nyaman kan kalau kamu sudah seharian jalan dan ternyata tempat menginapmu itu tidak nyaman?

Setelah seharian jalan dan lelah, pastinya kamu menginginkan tempat yang nyaman untuk beristirahat dan mengembalikan energimu untuk jalan di hari berikutnya.

Memilih tempat menginap pun kini makin mudah ya. Tak perlu repot lagi mencari dan mendatangi hotelnya satu per satu. Dengan pesan online, segalanya jadi lebih mudah. Misalnya saja, kamu bisa memilih hotel-hotel Airy Rooms. Airy Rooms ini adalah jaringan hotel dan guest house yang terbesar saat ini di Indonesia.

Selain murah harganya, fasilitasnya pun sudah memuaskan. Misalnya saja, AC, TV layar datar, WiFi gratis, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih, shower air hangat, dan air minum gratis sudah menjadi jaminan fasilitas yang ditawarkan hotel-hotel Airy Rooms. Dengan lokasi-lokasi hotel yang mudah ditemukan, kamu bisa memilih hotel-hotel yang dekat dengan tempat-tempat yang ingin kamu datangi. 

Traveling ke Bandung Jadi Gampang

Nah, buat kamu yang sudah merencanakan akan travelling ke Bandung, kamu bisa mulai mencari dan memesan hotel melalui website Airy Rooms, Android Apps, dan iOS Apps dengan pembayaran yang mudah juga, yaitu melalui bank transfer, kartu kredit, dan di gerai minimarket terdekat.

Coba lalui momen istimewamu di Bandung dengan cara-cara di atas ya. Semoga momen travellingmu di Bandung makin indah dan berkesan. Selamat liburan dan mengukir kenangan!

Leave a Reply