Book

Review Buku Ken dan Kaskus: Kisah Inspiratif Menjadi Sukses

IndoReviewer.id – Sahabat IndoReviewer suka membaca buku yang seperti apa? Kalau suka membaca buku yang berdasarkan kisah nyata atau biografi yang kaya akan motivasi dan inspirasi, maka simak Review Buku Ken dan Kaskus berikut ini ya. Buku ini merupakan kisah seorang pria bernama Ken yang merupakan salah satu CEO termuda di Indonesia.

Buku tentang Kaskus – forum online pertama dan terbesar di Indonesia ini memang mengangkat sudut pandang dari Ken Dean Lawadinata. Seorang anak keturunan keluarga kaya memang. Namun usahanya dalam mengembangkan Kaskus bersama dengan Andrew Darwis bukanlah hal yang dimudahkan karena kekayaannya itu.

Baca juga: Review Film Sundul Gan: The Kaskus Story

Dalam buku ini kita diajak memahami bagaimana masa kecil hingga akhirnya Ken menjadi CEO termuda di Indonesia saat usia 27 tahun. Kita simak langsung Review Buku Ken dan Kaskus versi IndoReviewer yuk.

Tentang Buku Ken dan Kaskus

Sebelum menuliskan review buku Ken dan Kaskus ini, kita cek dulu tentang buku ini ya:

Judul                            : Ken dan Kaskus

Penulis                         : Alberthiene Endah

Fotografer sampul     : Dimas Jenie

Desain cover                : Reggita Sudirnoputri

Desain isi                      : J. Henk Winiarty dan Anja Purbajaya

Penerbit                        : PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit                             : 2013

Tebal                              : 301 hlm.

ISBN                              : 978-979-22-9288-6

Buku ini dtulis oleh Alberthiene Endah yang sudah tidak asing lagi untuk dunia buku Indonesia. Untuk menulis buku ini, Alberthiene Endah menghabiskan banyak waktu wawancara Ken. Dan semua kisah hidup Ken dituliskan dalam buku sebanyak 301 halaman yang diterbitkan PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ken Dean Lawadinata, salah satu pemilik Kaskus dan CEO termuda di Indonesia. Bagaimanakah sebenarnya kisahnya? Simak review buku Ken dan Kaskus berikut.

Sinopsis Buku Ken dan Kaskus

Buku ini menuturkan kisah anak muda enerjik, Ken Dean Lawadinata, dalam mengartikan kesuksesan dan bagaimana meraih keberhasilan dalam mengembangkan Kaskus.

Dengan semangat muda dan cara berpikirnya yang sering berbeda, Ken membuktikan bahwa sukses dalam kehidupan tak melulu harus dilalui dengan pola yang baku.

Review Buku Ken dan Kaskus – Kaya Bukan Berarti Mudah

Tidak sedikit orang yang mengira, mereka yang dilahirkan di keluarga kaya memiliki banyak kemudahan dalam hidup mereka. Namun kalau kita membaca buku biografi Ken Dean Lawadinata ini, kita akan memahami bagaimana hidup seoarang Ken.

Kisah Hidup Seorang Ken yang Keras Kepala

Sejak kecil, Ken memang sudah diajarkan tentang “bisnis” oleh sang ayah. Bertemu klien dan mengikuti sang ayah bertemu rekan-rekan bisnisnya, membuat Ken memahami bisnis sejak dini. Namun bukan berarti pendidikan resmi tidak diperlukan.

Dalam buku Ken dan Kaskus ini, kita juga diajak menyelami ketidaksukaan Ken terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Di mana murid harus mendengarkan dan menerima saja. Dia adalah anak yang suka bertanya. Akan tetapi, sikapnya ini malah dianggap “menentang” guru.

Walau tidak dimarahi oleh sang ayah karena harus datang ke sekolah berkali-kali, Ken akhirnya menghargai guru di sekolah dan menamatkan pendidikannya. Sifat Ken tidaklah berubah. Dia masih suka bertanya. Bahkan ketika melanjutkan pendidikannya di Australia, dia masih suka bertanya banyak hal kepada guru.

Sifat keras kepala inilah yang akhirnya meluluhkan seorang Andrew.

Membangun Kaskus Hingga Besar

Andrew Darwis adalah sosok pemuda yang ditemui Ken di Seattle ketika dia harus melanjutkan Diplomanya di sana. Andrew dengan Kaskus yang merupakan tugas akhir kuliahnya di sana telah menarik hati Ken.

Berkali-kali Ken mengajukan diri untuk berbagi kepemilikan Kaskus  karena insting bisnisnya mengatakan kalau forum ini akan berhasil.

Berkali-kali pula ditolak oleh Andrew yang merasa enggan melepaskan bayinya itu. Hingga akhirnya keras kepala dari seorang Ken pun berhasil meluluhkan hati Andrew dan jadilah mereka bersama mengembangkan Kaskus.

Membangun Kaskus pun bukan perkara mudah untuk  Ken dan Andrew. Mereka harus berjuang mendapatkan orang untuk memasang iklan di forum tersebut. Namun perlahan tapi pasti, tanpa bantuan kekayaan orang tua, Ken dan Andrew berhasil.

review buku ken dan kaskus indoreviewer

Namun masalah kembali hadir ketika Kaskus diserang hacker dan database mereka hilang. Hingga kemudian mereka pun terpaksa mengganti domain dari kaskus.com menjadi kaskus.us.

Setelah masalah hacker teratasi, lagi-lagi Kaskus terkena imbas UU ITE terkait ruang BB17 dan Fight Club di forum tersebut. Memang kondisinya, kedua ruang itu paling banyak dikunjungi. Walaupun demikian, perjuangan mereka tidak berhenti. Dan akhirnya berhasil mendapatkan investor (Group Djarum) dan mereka pun mulai menikmati “kesuksesan” itu.

Inspirasi dari Buku Ken dan Kaskus

Begitu banyak inspirasi yang bisa kita dapatkan dari buku ini. Bahkan dari pemikiran keras kepala seorang Ken terhadap sistem pendidikan.

Pendidikan bukanlah masalah nilai semata. Namun juga apa yang menjadi dasar pemikiran dalam tiap anak. Logika anak haruslah dipupuk sejak dini.

Setidaknya itu yang IndoReviewer dapatkan dari apa yang dilakukan oleh Ken muda di jenjang sekolahnya dulu. Kondisi ini memang tepat sekali dan wajib. Logika setiap orang haruslah dimaksimalkan pada tempatnya, oleh siapapun. Apapun profesi mereka, apakah mereka itu dokter, pengacara, blogger dan lainnya. Semua harus menggunakan logika.

Baca juga: Review Buku Blogging Have Fun and Get the Money

Beberapa inspirasi untuk review buku Ken dan Kaskus kali ini antara lain:

  1. Kaya bukan berarti hidup jadi gampang. Sebab sewaktu-waktu manusia bisa jatuh karena penyebab yang nggak terduga.
  2. Orang susah nggak akan terus menerus jadi orang susah jika bekerja keras.
  3. Manusia bisa membuat perubahan-perubahan karena hidup menawarkan banyak kesempatan dan tantangan.
  4. Bersiaplah menghadapi resiko terburuk, dan pikirkan solusinya. Daripada berandai-andai untuk yang serba baik dan nggak siap menghadapi kenyataan sebaliknya.
  5. Jalan menuju sukses adalah tantangan yang penuh dengan alternatif, kejutan, dan kreativitas.

Itu hanya sebagian kecil. Sahabat harus baca sendiri buku Ken dan Kaskus ini.

Inspiratif!

Buku ini memang sangat inspiratif. Dalam berbagai aspek kehidupan, kita bisa mendapatkan banyak pembelajaran dari buku ini. Jika ingin baca juga review buku Ken dan Kaskus dari teman-teman di Goodreads, silakan klik di sini ya. Banyak yang menyukainya. Walau ada juga yang mempertanyakan kalau kesuksesan Ken hanyalah bagian dari kekayaan yang didapatnya itu.

Kalau menurut Sahabat sendiri gimana? Apakah memang kekayaan jadi faktor kesuksesan Ken dan Kaskus? Atau Sahabat sudah baca buku ini? Kalau sudah, jangan lupa share review buku Ken dan Kaskus versi kalian ya.

Review Buku Ken dan Kaskus
  • Desain Buku
  • Isi Buku
4.3

Ringkasan

IndoReviewer kali ini ingin membagi review buku Ken dan Kaskus. Buku biografi dari Ken Dean Lawadinata, salah satu pemilik forum Kaskus. Apakah memang kekayaan keluarganya menjadikan dirinya sukses dan menjadi CEO termuda di Indonesia (saat usia 27 tahun)? Apa saja inspirasi dari buku Ken dan Kaskus ini? Simak review lengkapnya di sini. Yang pasti, Wajib Baca GAN!!!

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply