Movie

Review Film Dancing in the Rain: Cinta dan Persahabatan yang Berbeda

Indoreviewer – Review film kali ini adalah film Indonesia keluaran tahun 2018 silam. Film ini mengangkat kisah yang menurut kami sangat bagus untuk ditonton.

Seperti apakah review film Dancing in the Rain yang dibuat tahun 2018 ini? Siapa saja bintangnya dan juga apa saja nilai yang bisa kita ambil dari film ini? Simak lengkapnya di sini.

Baca juga: Review Film Keluarga Cemara

Plot Film Dancing in the Rain (2018)

Film ini berkisah tentang persahabatan 3 orang, Banyu, Radin dan Kinara. Banyu adalah seorang anak autis yang memang lebih suka menyendiri sejak kecil. Dia diasuh oleh sang nenek karena ibunya enggan membesarkannya dan sang ayah entah ke mana.

Suatu hari, Banyu yang sedang dikeroyok oleh beberapa orang sepantarannya di lapangan sepakbola, ditolong oleh Radin. Sejak itulah, Radin menjadi sahabat Banyu, sekalipun sang ibu melarangnya.

Banyu bertemu dengan Kinara ketika Kinara sedang dalam kesusahan. Beberapa teman sekolah mengganggunya. Banyu datang menolong dengan bantuan ketapel yang diberikan oleh Radin.

Trailer Film Dancing in the Rain 2018

Ketiganya bertemu dan menjadi sahabat dekat sejak saat itu. Persahabatan ini tetap berlanjut saat mereka sudah dewasa. Namun, rupanya, Radin menyukai Kinara, sekalipun dia tahu Kinara mengidap penyakit parah yang tidak akan membuat hidupnya lama.

Ibu Radin pun masih menentang persahabatannya dengan Radin ataupun Kinara yang sakit itu. Hingga suatu hari, Radin kolaps ketika tanding basket.

Pemain dan Kru Film Dancing in the Rain

Film ini dibintangi oleh Dimas Anggara sebagai Banyu, pria autis yang cerdas dan mengagumi hujan. Bunga Zainal sebagai Kinara. Deva Mahenra sebagai Radin.

Selain mereka, ada juga Christine Hakim sebagai Eyang Uti – nenek Banyu. Niniek L. Karim sebagai Eyang Widya, tetangga Eyang Uti yang juga sayang pada mereka bertiga.

Deretan nama lainnya seperti Djenar Maesa Ayu, Dolly Martin, Keke Soeryo, Ayu Dyah Pasha pun turut memeriahkan film ini.

Disutradarai oleh Rudy Aryanto. Film ini ditulis oleh Sukhdev Singh dan juga Tisa T.S.

Review Film Dancing in the Rain: Film yang Wajib Ditonton Bersama Sahabat

Jarang sekali film Indonesia yang berani mengangkat kisah lain dari sekadar tentang cinta ataupun horror. Namun, film ini cukup berani mengangkat kisah persahabatan 3 orang, bahkan salah satunya adalah sosok autis.

kisah utama film dancing in the rain 2018
Inti kisah dalam film Dancing in the Rain

Memang, stigma di masyarakat Indonesia sendiri masih menganggap autisme sebagai kelainan dan perlu dihindari. Ini yang kita lihat dari sosok ibu Radin yang menentang persahabatan anaknya itu.

Tidak Normal!

Itulah pandangan orang terhadap mereka. Pandangan inilah yang sepertinya ingin diangkat dari penulis film ini. Bahwa, mereka juga manusia.

Bahwa, tidak sepantasnya kita menghakimi hanya karena mereka berbeda. Setidaknya itu yang kami tangkap dari film ini.

Adegan Lebay – Masih Ada, Tapi Bisa Dimaklumi

Misalnya ketika Banyu mengalami kecelakaan. Ditabrak oleh truk. Adegan ini boleh dibilang agak lebay, namun tidak selebay film Sesuai Aplikasi yang memang sengaja dibuat lebay.

Ataupun hujan buatan yang sering muncul dalam film. Beberapa bahkan terlihat sekali buatannya, bukan seperti hujan yang biasa. Namun, hal ini pun tidak mengurangi keasikan dan kelarutan kita dalam menonton akting para pemain.

Akting Jempolan dari Dimas Anggara dan si Banyu Cilik

Bukan hal mudah memang untuk memerankan sosok yang mengidap autisme. Seperti misalnya yang dilakukan oleh Lukman Sardi dalam Rectoverso. Ataupun Anjasmara dalam serial Cecep.

Namun, Dimas Anggara dalam hal ini bermain cukup baik dalam memerankan sosok Banyu. Begitu juga sosok Banyu kecil yang diperankan oleh Gilang Olivier.

review film dancing in the rain
Salah satu adegan favorit: Dancing in the Rain

Kita diajak merasakan bagaimana dia menjalani hari demi hari sebagai seorang autisme.

Tentunya, akting para artis kawakan seperti Christine Hakim, Niniek L. Karim, bahkan Ayu Dyah Pasha yang sekilas muncul pun perlu diacungi jempol.

Kita dibawa merasakan rasa cinta yang mereka punya terhadap sosok Banyu, Radin dan Kinara.

3 Alasan Kenapa Perlu Menonton Film Ini!

1. Bukan Kisah Biasa

Iya, tidak seperti film Indonesia kebanyakan yang bicara soal cinta semata ataupun horror nggak jelas, film ini jelas mengangkat sisi lain. Bukannya tidak ada kisah cinta ya (ada Radin dan Kinara kan), namun kita diajak bertemu dengan sosok yang mungkin ada di sekitar kita.

review film dancing in the rain
Berbeda bukan berarti bodoh – review film Dancing in the rain

2. Berbeda itu Bukan Berarti Harus Dicemooh

Dalam hal ini ditunjukkan melalui sosok Banyu. Dia memang berbeda dari orang-orang pada umumnya. Namun, bukan berarti kita harus mencemooh dirinya karena berbeda. Kita justru diajak berpikir kembali, apakah tindakan kita sudah benar selama ini?

3. Persahabatan Melebihi Segalanya – Agak SPOILER ya!

Di akhir film, kita diajarkan oleh Banyu, bahwa cintanya kepada sang sahabat – Radin, adalah cinta sejati. Dia rela berkorban demi sahabatnya itu, sekalipun, sebelumnya, Radin sempat salah paham.

persahabatan di film dancing in the rain

Kelebihan sosoknya yang autis, menggambarkan kepolosan dirinya. Dia tidak menganggap Radin marah padanya dan tidak perlu juga dia marah pada Radin kala itu. Dia terus menjadi sahabat hingga akhir film.

Siap Tissue Ya!

Akhirnya, Indoreviewer memberi film ini 4,5 dari 5 bintang. Sebuah film yang wajib kamu tonton, apalagi jika kamu menontonnya bersama sahabat-sahabatmu. Kita diajak berpikir betapa indahnya persahabatan itu melalui film ini.

Kamu sudah menonton film ini? Share rating film ini ya di bawah. Tag temanmu juga boleh.

Review Film Dancing in the Rain 2018
  • Plot
  • Akting
  • Inspirasi
4.7

Persahabatan Tidak Melihat Perbedaan

Film Dancing in the Rain 2018 ini adalah film Indonesia yang berhasil menghantarkan cerita dan makna inspirasi kepada penonton. Persahabatan 3 orang, salah satunya autis. Kita diajak memahami seluk beluk persahabatan antara ketiganya.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply