Movie

Review Film Sundul Gan: The Kaskus Story – Film Wajib Tonton Nih Gan!

IndoReviewer.id – Sahabat IndoReviewer ada yang kenal dengan Kaskus? Forum terbesar di Indonesia itu? Bagaimana kalau kalian diajak menyelami cara membuat dan membesarkan Kaskus hingga menjadi seperti sekarang ini?

Itulah yang diangkat dalam film Sundul Gan ini. Kata-kata Sundul Gan sendiri merupakan semacam trademark di forum tersebut. Nah kali ini IndoReviewer ingin mengajak Sahabat untuk menyimak Review Film Sundul Gan dan menyelami kisah berdirinya forum terbesar di Indonesia hingga akhirnya dibeli oleh perusahaan raksasa di Indonesia.

Pemain & Krew Film Sundul Gan

Film Sundul Gan dengan tagline The Kaskus Story ini disutradarai oleh sosok sutradara baru, yaitu Naya Anindita. Sedangkan naskah film ini sendiri dibuat oleh Ilya Sigma dan Priesnanda Dwisatria di bawah bendera 700 Pictures.

Tokoh utama dalam film Sundul Gan ini sudah pasti adalah sosok pendiri forum Kaskus. Dalam hal ini Dion Wiyoko dipercayakan sebagai Ken Dean Lawadinata sedangkan Albert Halim dipercayakan sebagai Andrew Darwis.

review film sundul gan the kaskus story indoreviewer

Review Film Sundul Gan: The Kaskus Story – Ini deretan pemain dengan tokoh dalam hidup nyatanya nih. Mirip?

Film yang diangkat dari kisah nyata ini juga menampilkan sederet artis lainnya, yaitu Pamela Bowie dan Melisa Karim. Deretan cameo dalam film ini pun tidak kalah tenar, seperti Baim Wong, Afgan, Masayu Anastasia dan Indra Birowo.

Sinopsis Film Sundul Gan: The Kaskus Story

Secara garis besar, film Sundul Gan: The Kaskus Story ini mengisahkan perjuangan Ken Dean dan Andrew Darwis saat membangun Kaskus di Indonesia. Portal forum dunia maya yang belum lazim di Indonesia – saat itu.

Mereka harus memikirkan cara agar bisa bertahan dan disuka banyak orang.

Kerja keras, pengorbanan waktu dan drama persahabatan, mewarnai relasi keduanya dalam membesarkan Kaskus. Jalinan persahabatan keduanya juga harus diuji melewati berbagai macam kesulitan. Utamanya soal finansial.

Review Film Sundul Gan – Belajar Jatuh Bangun Menjadi Orang Sukses

Memang, kenyataannya seperti itu. Baik Andrew dan Ken tidak serta merta meraih kesuksesan begitu membuat forum Kaskus. Mereka membuat forum itu di masa di mana internet masih agak susah didapatkan, kebanyakan harus ke warnet.

Apalagi di jaman itu sendiri, forum bukanlah sesuatu yang umum untuk pengguna internet Indonesia. Di masa itu, warganet masih berkutat pada email dan chatting menggunakan Yahoo Messenger.

review film sundul gan the kaskus story indoreviewer

Review Film Sundul Gan: The Kaskus Story versi IndoReviewer

Namun, perjuangan mereka membangun forum Kaskus dengan kerja kerasnya tidaklah sia-sia. Semua terbayar ketika perusahaan besar ternama di Indonesia mau membelinya.

Film Sundul Gan Mengenalkan Operasional Bisnis dengan Mudah

Film ini memiliki alur cerita yang ringan dan menghibur sekaligus mendidik sedikit demi sedikit. Bagaimana Ken dan Andrew mengembangkan dan mengelola bisnis mereka memang bukan hal mudah. Namun digambarkan dengan baik.

Orang awam sekalipun yang menonton film ini akan merasa kesulitan membuat usaha. Di saat-saat awal ketika memulai, di mana mereka harus menyewa sebuah rumah kecil untuk pusat usaha mereka. Hingga akhirnya berkembang sedikit demi sedikit.

Film Sundul Gan ini sendiri juga mengenalkan kepada kita bagaimana mereka berdua menghadapi masalah. Memberi solusi di saat yang tepat. Walau kadang emosi juga menyelinap dan mengakibatkan kesusahan kembali.

Hal ini terasa terutama di saat Andrew merasa apa yang dilakukannya untuk menghadapi serangan pengguna forum sudah benar. Namun karena emosi terhadap pengguna tersebut, yang dilakukan malah memperparah keadaan. Di sanalah Ken datang dan mengambil alih.

Kita diajak menyelami semua perjuangan bertahun-tahun yang dilakukan Ken dan Andrew  itu dalam durasi 90 menit.

review film sundul gan the kaskus story indoreviewer

Alur cerita yang mudah dipahami menjadi kelebihannya – review film Sundul Gan: The Kaskus Story

Akting Pemain Utama yang Jempolan

Baik Albert Halim maupun Dion Wiyoko, menyelami peran mereka sebagai Andrew dan Ken dengan sangat baik. Kita bisa merasakan sosok Andrew yang pendiam namun pemikir. Di sisi lain Ken yang selengean namun punya insting kuat. Keduanya menampilkan sosok-sosok itu dengan baik.

Kita pun diajak menikmati sosok Dion Wiyoko yang menambah berat badan demi menyerupai sosok Ken yang memang agak gemuk. Kalau Albert, menurut IndoReviewer memang sudah mirip secara fisik dengan Andrew.

Film yang Menginspirasi

Itu yang didapatkan setelah menonton film Sundul Gan: The Kaskus Story ini. Kita bisa mendapatkan banyak pelajaran untuk hidup maupun untuk usaha.

Ken yang memang “ogah” kerja kantoran (baca Review Buku Ken dan Kaskus) memberi inspirasi bahwa kalau ada niat, kita bisa menggapai yang diinginkan. Ini terlihat ketika dia mati-matian berusaha menyelamatkan Kaskus. Dia berlari sana-sini untuk mendapatkan yang dibutuhkan. Dan memang berhasil.

Di sisi lain, Andrew yang memang tipikal orang serius – berlawanan dengan Ken – juga memberi pembelajaran. Kita diajak memahami, kadang hidup itu memang perlu dibawa santai.

Jangan sampai emosi merusak apa yang sudah dibangun dengan susah payah.

Nah itu Review Film Sundul Gan The Kaskus Story dari IndoReviewer. IMDB sendiri masih dengan nilai 8.4 untuk film ini.

Sahabat IndoReviewer sudah menonton film ini? Bagaimana pendapat Sahabat untuk film ini? Share di kolom komentar ya.

  • Alur/Plot
  • Akting
4

Inspirasi Banget

IndoReviewer merasa kalau film Sundul Gan: The Kaskus Story ini wajib banget ditonton semua orang. Dalam film ini, kita bisa menemukan banyak inspirasi untuk hidup ataupun dunia usaha. Kita diajak menyelami bagaimana cara membangun usaha dari nol hingga besar. Simak Review Film Sundul Gan: The Kaskus Story versi IndoReviewer dan share juga penilaian kamu. Kasih bintang ya di sini – jangan lupa komennya Gan!!!

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply